ads
Pandangan Capres 01, Capres 02, dan Ketua TKD 02 Terkait Debat Cawapres Terakhir

Pandangan Capres 01, Capres 02, dan Ketua TKD 02 Terkait Debat Cawapres Terakhir

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Jakarta – Setelah debat Cawapres yang berlangsung semalam, ada beberapa pandangan yang muncul baik dari pengaman maupun masing-masing paslon. Berikut ini beberapa pandangan terkait dengan hasil debat tanggal 21 Januari 2024 semalam dari Capres 01, Capres 03, dan ketua TKD 02.

Pandangan Anies Baswedan Terkait Debat Cawapres Semalam

Pada pasca-debat calon wakil presiden (cawapres) dalam Pilpres 2024, Anies Baswedan, calon presiden nomor urut 1, bersama calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, menyampaikan pandangan kritis terkait dinamika yang terjadi. Anies secara tajam menyindir penggunaan atraksi yang dianggapnya tidak perlu dalam sebuah debat.

"Kalau substansinya kuat, tidak perlu banyak atraksi. Tapi kalau memang substansi lemah, harus ditutup dengan banyak atraksi," tegas Anies di Senayan, pada Minggu, 21 Januari 2024.

Kritik Anies ini tidak lepas dari gaya cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, yang kerap tampil dengan berbagai atraksi dalam merespons pertanyaan, terutama dalam dialog dengan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD. Gestur mencari-cari yang ditunjukkan oleh Gibran dianggap sebagai atraksi yang tidak perlu, bahkan oleh sebagian netizen disebut sebagai tindakan yang cenderung songong.

Di sisi lain, Anies memberikan apresiasi kepada calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, atau yang akrab disapa Cak Imin. Anies menyatakan bahwa Cak Imin telah menunjukkan kapasitas maksimalnya dalam debat. "Satu, bangga; dua, bangga; tiga, bangga," ujar Anies Baswedan sebagai tanggapan positif terhadap penampilan Cak Imin.

Pandangan Ganjar Pranowo Terkait Debat Cawapres Semalam

Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, memberikan tanggapannya terkait debat cawapres yang digelar pada malam Minggu, 21 Januari 2024. Ganjar menekankan bahwa gimmick atau aksi panggung yang ditampilkan oleh calon presiden dan wakil presiden dapat memengaruhi penilaian masyarakat.

"Ya enggak apa-apa itu kan diskusi yang cukup dinamis maka publik pasti akan menilai, satu substansinya, dua pasti cara menyampaikan, tiga gestur, begitu ya," kata Ganjar di Lampung Selatan, pada Senin, 22 Januari 2024.

Meskipun memahami dinamika diskusi, Ganjar memberikan peringatan agar seluruh calon tidak bersikap arogan di atas panggung debat. Melalui akun sosial media miliknya, Ganjar menyampaikan pesan, "Ojo Adigang, Adigung, Adiguna," dengan harapan agar para calon tidak terlalu percaya diri dan tetap menjaga sikap.

Pandangan Ridwan Kamil Terkait Debat Cawapres Semalam

Ridwan Kamil, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) 02 Prabowo-Gibran Jabar, memberikan apresiasi terhadap penampilan Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres yang berlangsung pada Minggu, 21 Januari 2024. Menurut Ridwan Kamil, Gibran semakin matang dan intelek dalam menyampaikan gagasannya.

Ridwan Kamil menyebut bahwa penampilan Gibran mencerminkan kedewasaan dalam menyampaikan pandangan terkait enam tema yang dibahas dalam debat, seperti pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, sumber daya alam, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Kendati begitu, Ridwan Kamil menegaskan bahwa yang terpenting adalah bagaimana masyarakat memahami visi dan misi Pasangan Prabowo-Gibran. Ia berharap bahwa hasil debat dapat membantu masyarakat untuk lebih memahami rencana dan tujuan dari pasangan calon tersebut, apabila terpilih secara demokratis dalam Pemilihan Presiden Pemilu 2024.

Selain itu, TKD 02 Prabowo-Gibran Jabar tengah mempersiapkan untuk debat pamungkas yang akan digelar pada Minggu, 4 Februari 2024. Debata ini akan membahas isu-isu penting seperti kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads