ads
Saat Kerabat Dekat Jokowi Maju Pilkada

Saat Kerabat Dekat Jokowi Maju Pilkada

Smallest Font
Largest Font

Menjelang kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) semakin menyita perhatian publik. Pasalnya, sejumlah kerabat dekat Jokowi dan Iriana kabarnya bakal ikut serta dalam kontestasi itu. 

Usai Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi yang menjadi calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Prabowo Subianto, giliran beberapa orang-orang dekat Jokowi yang bakalan maju dalam Pilkada 2024

Sebut saja Kaesang Pangarep, adik dari Gibran yang santer dikabarkan ikut dalam Pilkada Wali Kota Solo. Kemudian ada juga menantu Jokowi, Erina Gudono yang merupakan istri Kaesang dan Bobby Nasution suami Kahiyang Ayu ikut Pilkada Kabupaten Sleman serta Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara. 

Belum lagi lingkaran kerabat dekat Jokowi dan istrinya, mulai dari Heru Budi Hartono yang saat ini menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta dan sekretaris pribadi Ibu Negara, Sendi Fardiansyah. 

Orang-orang terdekat Jokowi dan Iriana ini juga tidak kalah menariknya untuk dibahas. Pasalnya, tentu akan ada pengaruh dari presiden dan ibu negara yang mampu menentukan perolehan suara mereka di Pilkada. 

Sendi Fardiansyah

Sejumlah baliho berukuran besar yang memampang wajah Sendi mulai banyak bertebaran, terpasang di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Bogor. Sendi sendiri adalah sekretaris pribadi Iriana Jokowi, yang sebelumnya memang telah menyatakan niatnya untuk maju dalam bursa calon Wali Kota Bogor. 

Salah satu baliho, terpajang tulisan ‘Tahun Baru, Harapan Baru, Bogor Satu’. Dalam baliho tersebut juga muncul foto wajah Sendi secara close up. 

Saat dimintai keterangannya oleh wartawan Tribun News, Sendi berujar, “Alasan pribadi saya tentunya sebagai pengabdian terhadap Kota Bogor. Kota tempat saya dilahirkan dan juga dibesarkan.”

Dirinya menilai tantangan untuk menjadi pemimpin Bogor banyak sekali. Oleh karenanya dia membutuhkan partisipasi dari segenap masyarakat supaya bisa mengatasi dengan baik segala tantangan itu. 

Sendi juga mengaku jika kesempatan untuk menjadi Wali Kota Bogor, terbuka cukup lebar baginya. Utamanya karena Bima Arya yang sudah menjabat sebagai Wali Kota Bogor selama dua periode. 

Pria kelahiran Bogor September 1988 itu sudah menjadi Sekretaris Pribadi Ibu Negara sejak 2015 silam. Ketika menjadi Sekretaris Pribadi Iriana itu, Sendi mendapatkan banyak pengalaman delegasi baik di dalam maupun di luar negeri. 

Selain menjadi ‘Tangan Kanan’ Iriana, rupanya Sendi juga adalah seorang pengusaha. Dia adalah Founder dan juga CEO Digimon ID, pemilik Sequoia Caffe Garden serta pemilik Experience Shoes and Sandal. 

Heru Budi Hartono

Nama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat ini juga semakin sering dikait-kaitkan dengan kontestasi Pilkada DKI Jakarta 2024. Fotonya pernah muncul dan cukup menghebohkan karena dipasang di spanduk ketika acara sembako murah. 

Hal tersebut pun tentunya mengundang kritikan keras dari banyak pihak, karena dia dinilai melakukan pencurian start kampanye. 

Sebelum mengemban tugas menggantikan Anies Baswedan sebagai Pj Gubernur Jakarta, Heru adalah Kepala Sekretariat Presiden. Pengangkatan Heru menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta merupakan keputusan penunjukkan langsung oleh Jokowi. 

Dalam pemerintahan, Heru mengawali karirnya pada tahun 1993 silam dengan menjadi Staf Khusus Wali Kota Jakarta Utara. Karirnya terus mengalami kenaikan dengan dia menjabat sejumlah posisi kepala bagian. 

Salah satu jabatan terpenting yang pernah dia emban adalah menjadi Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di tahun 2013. 

Pengalaman di pemerintahan itu, semakin membuat hubungannya bersama Jokowi kiat dekat. Puncaknya adalah ketika Jokowi terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta. Di tahun 2014, Jokowi menunjuk Heru sebagai Wali Kota Jakarta Utara. 

Akan tetapi jabatan itu hanya diduduki Heru selama satu tahun saja, lantaran dia harus kembali ke Pemprov DKI Jakarta untuk menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah. Karir politiknya pun semakin moncer hingga dia masuk dalam lingkungan Istana Negara. 

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads